Selasa, 20 Maret 2012

COOPERATIVE LEARNING


COOPERATIVE  LEARNING
EXAMPLE  :
·         ‘GROUP INVESTIGATIONS
Dalam kelompok investigasi/penyelidikan siswa-siswa berkolaborasi  untuk menciptakan sebuah hasil dalam kelompok terserbut untuk dipresentasikan.
1 siswa-siswa menentukan atau memutuskan topik yang akan diselidiki
2 siswa-siswa membagi penyelidikan  itu ke dalam bagian-bagian kecil
3 tiap siswa bertanggung jawab untuk meneliti satu subtopik
4 siswa-siswa datang ke kelompok secara bersamaan untuk membagi informasi mereka
5 siswa-siswa mengumpulkan informasi untuk menghasilkan hasil akhir
6 tiap anggota kelompok berpartisipasi dalam presentasi di dalam kelas

·         JIGSAW
Metode di mana siswa  bekerja sebagai group ahli untuk mempelajari salah satu aspek dari topik yang akan ditentukan.
1 menentukan topik di kelas
2 membentuk kelompok sekitar 4 orang yang dinamakan homegroup
3 masing-masing siswa berhitung dari  no 1 sampai no 4
4 siswa yang bernomor sama mengelompok membentuk kelompok ahli untuk membahas topik tersebut
5 selesai membahas topik tersebut,  siswa pada kelompok ahli kembali ke homegroup masing-masing  yang kemudian menjelaskannya  ke anggota lain pada  kelompok homegroup
6 kemudian topik utama dibahas dan diuji melalui pertanyaan dan masalah-masalah  dalam kelompok tersebut

·         ROUNTABLE
Metode ini digunakan untuk mencurahkan gagasan
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa, kemudian siswa membentuk kelompok
Misalnya dalam kelompok besar  terbagi dalam kelompok-kelompok kecil
1 setiap anggota menulis serta membagikan jawaban pertanyaan yang diberikan guru pada anggota lain dalam kelompok kecil
2  jawaban pertanyaan itu kemudian dikembangkan
3 jika ada yang tidak bisa Menjawab boleh pas,dan pertanyaan itu boleh dilemparkan ke anggota lain pada kelompok kecil tersebut
4 jika waktunya sudah habis, namun dalam kelompok kecil tersebut tidak ada juga yang bisa menjawab, pertanyaan tersebut boleh dilemparkan serta dijawab oleh  kelompok besar

·         ELEMENTS
Ada 5 Elemen dasar yang harus ada pada pembelajaran kooperatif
1                     1  Saling ketergantungan
- Siswa harus berpartisipasi atau berupaya dalam kelompok mereka
- tiap kelompok mempunyai peran serta tanggung jawab untuk belajar dalam kelompok mereka
2                      2 tatap muka
      - masimg-masing  anggota mendukung untuk sukses
- siswa menjelaskan apa yang mereka punya atau mereka pelajari dan membimbing dengan pengertian dan penyelesaian tugas
3 tanggung jawab individu
-  tiap siswa harus membuktikan penguasaian materi yang mereka pelajari
- tiap siswa bertanggung jawab terhadap apa yang mereka pelajari dan mereka kerjakan,oleh karena itu budaya malas harus dihilangkan
4 kemampuan sosialisasi antar anggota
- kemampuan sosialisasi antar anggota harus diajarkan secara berurutan untuk pembelajaran kooperatif yang sedang terjadi
- kemampuan ini termasuk di dalamnya komunikasi yang efektiv,pribadi maupun kelompok
    i kepemimpinan
    ii membuat keputusan
    iii membangun kepercayaan
    iv berkomunikasi
    v kemampuan mengatur konflik
5 pengolahan kelompok
-          setiap kelompok harus menilai keefektivitas mereka dan memutuskan bagaimana siswa itu berprestasi,ada 2  karakter yang harus disajikan
a siswa harus mengarah pada tujuan kelompok
b kesuksesan tergantung pada setiap individu
i ketika merancang tugas pembelajaran kooperatif,tanggapan dan tanggung jawab individu harus dikenalkan. Individu harus tahu persis apa tanggapan dan tanggung jawab mereka dalam mencapai tujuan.
ii saling ketergantungan antara siswa dalam mengerjakan tugas. Setiap anggota harus ikut serta dalam melengkapi tugas mereka. Dalam hal ini tiap anggota mempunyai tugas untuk menanggapi dan jika tidak bisa boleh dilengkapi oleh anggota kelompok lain.